ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN KARANGAN SISWA DALAM RANGKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dian Ratnasari, Mohammad Fakhrudin, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk ke­salahan kebahasaan apa sajakah yang terdapat pada karangan teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 dan (2) mendeskripsikan skenario pembela­jaran menulis teks eksposisi dengan bahan pembelajaran analisis ke­salahan kebahasaan pada karangan teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Sumber data penelitian ini adalah karangan siswa kelas X TKRO SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 yang ber­jumlah 32 karangan. Selanjutnya, objek penelitian ini adalah kesalahan kebahasaan pada karangan teks eksposisi siswa kelas X TKRO SMK Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018. Teknik sam­­pling yang penulis gu­­na­kan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Selanjutnya, teknik pe­ngumpulan data yang penulis guna­kan dalam penelitian ini ialah teknik baca catat dan teknik studi pustaka. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik lesap, tek­nik sisip, dan teknik ganti. Kemudian, Hasil ana­lisis data disajikan dengan teknik infor­mal. Dari hasil penelitian, dapat penulis simpulkan bahwa (1) dalam karangan teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat kesalahan ejaan sebanyak 122 dari 235 (51,91%), kesa­lahan morfologis sebanyak 1 dari 235 (0,42%), kesalahan leksikon sebanyak 35 dari 235 (14,89%), kesalahan sintaktis sebanyak 62 dari 235 (26,38%), dan kesalahan kewacanaan sebanyak 15 dari 235 (6,38%); (2) Skenario pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SLTA dengan ha­sil analisis kebahasaan pada karangan teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 se­b­­a­gai ba­han pembela­jaran dise­suaikan dengan Kurikulum 2013 dengan Kompe­tensi Dasar 3.4 meng­analisis struktur dan ke­ba­­­hasaan teks eksposisi yang berka­itan dengan bi­dang pekerjaan dan 4.4 mengon­s­truk­sikan teks ekspo­sisi ber­kaitan bidang pe­kerjaan dengan memper­hatikan isi (perma­salahan, argu­men, pengeta­huan, dan rekomen­dasi), struktur dan keba­ha­­­saan. Analisis dan mengon­struksi ba­hasa ter­sebut sesuai struk­tur dan kaidah kebahasaan. Langkah-langkah pem­bela­­jaran analisis kesa­lahan kebahasaan yang digu­nakan meliputi kegi­atan menga­mati, menanya, me­ngum­­pulkan informasi, menalar, dan mengomunikasi­kan. Selan­jutnya, gu­ru me­la­ku­kan penilaian atas proses dan hasil belajar.

Kata Kunci           : Kesalahan Kebahasaan, Teks Eksposisi, dan Skenario Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.