ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN KARANGAN SISWA DALAM RANGKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan kebahasaan apa sajakah yang terdapat pada karangan teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 dan (2) mendeskripsikan skenario pembelajaran menulis teks eksposisi dengan bahan pembelajaran analisis kesalahan kebahasaan pada karangan teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Sumber data penelitian ini adalah karangan siswa kelas X TKRO SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 karangan. Selanjutnya, objek penelitian ini adalah kesalahan kebahasaan pada karangan teks eksposisi siswa kelas X TKRO SMK Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018. Teknik sampling yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah teknik baca catat dan teknik studi pustaka. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik lesap, teknik sisip, dan teknik ganti. Kemudian, Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian, dapat penulis simpulkan bahwa (1) dalam karangan teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat kesalahan ejaan sebanyak 122 dari 235 (51,91%), kesalahan morfologis sebanyak 1 dari 235 (0,42%), kesalahan leksikon sebanyak 35 dari 235 (14,89%), kesalahan sintaktis sebanyak 62 dari 235 (26,38%), dan kesalahan kewacanaan sebanyak 15 dari 235 (6,38%); (2) Skenario pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SLTA dengan hasil analisis kebahasaan pada karangan teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 sebagai bahan pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dengan Kompetensi Dasar 3.4 menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan dan 4.4 mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. Analisis dan mengonstruksi bahasa tersebut sesuai struktur dan kaidah kebahasaan. Langkah-langkah pembelajaran analisis kesalahan kebahasaan yang digunakan meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atas proses dan hasil belajar.
Kata Kunci : Kesalahan Kebahasaan, Teks Eksposisi, dan Skenario Pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.