ANALISIS NILAI RELIGIUS PADA NOVEL JODOH TERBAIK KARYA HANA NURAINI KHAIRUNNISA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai religius; (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius dalam novel novel Jodoh Terbaik karya Hana Nuraini Khairunnisa di Kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Penyajian data dilakukan dengan informal. Berdasarkan hasil analisis data, (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel yaitu, (a) tema: perjuangan cinta karena perjohan, (b) tokoh utama: Azzam dan Naifa, dan tokoh tambahan: Alfath, Nada, Nadia, Agnes, Aisyah, Pak Rama, Bu Ratih Bu Puri, dan Pak Andre, (c) alur: maju, (d) latar tempat: ruang makan, apartemen, ruang tamu, rumah sakit, kamar tidur, kampus, dan kantor; latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam; latar suasana: bahagia, ramai, tegang, marah, dan kecewa, dan (e) amanat: selalu berperasangka baiklah pada Allah Swt. karena Dia adalah perencana terbaik. (2) terdapat 19 nilai religius dalam novel Jodoh Terbaik, yaitu 3 unsur akidah: percaya adanya Allah Swt., membaca Alquran dan pasrah; 6 unsur syariat: melaksanakan salat, berdoa, berpuasa, menikah, mencari nafkah, dan menuntut ilmu; dan 11 unsur akhlak: bersyukur, bersabar, tolong-menolong, jujur, saling memaafkan, hormat pada orang tua, menutup aurat, tidak bersentuhan dengan lawan jenis, memuliakan tamu, menepati janji, dan mengucapkan salam. (3) Skenario pembelajaran novel Jodoh Terbaik karya Hana Nuraini Khairunnisa di kelas XII SMA dilakukan setelah sebulan sebelumnya siswa diberitahu untuk membaca dan membuat sinopsis novel tersebut. Skenario tersebut dilaksanakan dengan tahap awal, yaitu guru mengondisikan keadaan siswa agar siap untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pada tahap inti siswa dibagi kedalam beberapa kelompok kemudian guru meminta para siswa untuk mendiskusikan unsur intrinsik dan nilai religius yang terdapat dalam novel. Selanjutnya, pada tahap penutup siswa dan guru bersama menyimpulkan materi yang dipelajari.
Kata kunci: religius, nilai religius novel, skenario pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.