ANALISIS NILAI RELIGIUS PADA NOVEL JODOH TERBAIK KARYA HANA NURAINI KHAIRUNNISA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Isni Laelasari, Mohammad Fakhrudin, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai religius; (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius dalam novel novel Jodoh Terbaik karya Hana Nuraini Khairunnisa di Kelas XII SMA. Pene­litian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Penyajian data dilakukan dengan informal. Berdasarkan hasil analisis data, (1) unsur intrinsik yang ter­dapat dalam novel yaitu, (a) tema: perjuangan cinta karena perjohan, (b) tokoh utama: Azzam dan Naifa, dan tokoh tambahan: Alfath, Nada, Nadia, Agnes, Aisyah, Pak Rama, Bu Ratih Bu Puri, dan Pak Andre, (c) alur: maju, (d) latar tempat: ruang makan, apartemen, ruang tamu, rumah sakit, kamar tidur, kampus, dan kantor; latar wak­tu: pagi, siang, sore, dan malam; latar suasana: bahagia, ramai, tegang, marah, dan kecewa, dan (e) amanat: selalu berpera­sangka baiklah pada Allah Swt. karena Dia adalah perencana terbaik. (2) terdapat 19 nilai religius dalam novel Jodoh Terbaik, yaitu 3 unsur akidah: percaya adanya Allah Swt., membaca Alquran dan pasrah; 6 unsur syariat: melaksanakan salat, berdoa, berpuasa, menikah, mencari nafkah, dan menuntut ilmu; dan 11 unsur akhlak: bersyukur, bersabar, tolong-me­nolong, jujur, saling memaafkan, hormat pada orang tua, menutup aurat, tidak ber­sentuhan dengan lawan jenis, memuliakan tamu, menepati janji, dan mengu­cap­kan salam. (3) Skenario pembe­lajaran novel Jodoh Terbaik karya Hana Nuraini Khairunnisa di kelas XII SMA dilakukan setelah sebulan sebelumnya siswa diberitahu untuk membaca dan membuat sinopsis novel tersebut. Skenario tersebut dilaksanakan dengan ta­hap awal, yaitu guru mengon­disikan keadaan siswa agar siap untuk melak­sa­na­kan kegiatan pem­be­lajaran. Pada tahap inti siswa dibagi kedalam beberapa ke­lom­pok kemudian guru meminta para siswa untuk mendiskusikan unsur intrin­sik dan nilai religius yang terdapat dalam novel. Selanjutnya, pada tahap penutup sis­wa dan guru bersama menyimpulkan materi yang dipelajari.

 

Kata kunci: religius, nilai religius novel, skenario pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.