ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA FILM SURAT CINTA UNTUK KARTINI SUTRADARA AZHAR KINOI LUBIS DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Tri Ambarwati, Bagiya Bagiya, Umi Faizah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam film Surat Cinta untuk Kartini sutradara Azhar Kinoi Lubis; (2) fungsi tindak tutur direktif yang terdapat dalam film Surat Cinta untuk Kartini sutradara Azhar Kinoi Lubis; (3) skenario pembelajaran film Surat Cinta untuk Kartini sutradara Azhar Kinoi Lubis dengan pembelajaran keterampilan berbicara di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan pelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah penggunaan tindak tutur direktif pada film Surat Cinta Untuk Kartini sutradara Azhar Kinoi Lubis dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data pada penelitian ini adalah film Surat Cinta Untuk Kartini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode padan. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) bentuk tindak tutur direktif dalam film Surat Cinta Untuk Kartini Sutradara Azhar Kinoi Lubis terdiri atas: permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin, dan nasihat; (2) fungsi tindak tutur direktif dalam film Surat Cinta Untuk Kartini sutradara Azhar Kinoi Lubis terdiri atas: permintaan memiliki fungsi meminta 5 data, memohon 1 data, menekan 2 data, dan mengajak 5 data; pertanyaan memiliki fungsi bertanya 6 data, mengintrogasi 1 data; perintah memiliki fungsi menyuruh 8 data; larangan memiliki fungsi melarang 5 data; pemberian izin memiliki fungsi membolehkan 3 data; dan nasihat memiliki fungsi menasihati 3 data, menyarankan 4 data, dan memperingatkan 2 data; (3) skenario pembelajaran tindak tutur  direktif bagi siswa kelas XI SMA dilaksankan dengan dasar KD 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama/film yang dibaca atau ditonton menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan pendidik menyampaikan materi tentang film dan tindak tutur direktif,  pendidik memberikan tugas untuk menyaksikan film Surat Cinta Untuk Kartini sutradara Azhar Kinoi Lubis dan mengidentifikasi yang termasuk tuturan direktif, peserta didik berkelompok untuk mengklasifikasi dan menganalisis tindak tutur direktif pada film Surat Cinta Untuk Kartini sutradara Azhar Kinoi Lubis, pendidik meminta peserta didik untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas, tiap-tiap kelompok memberi tanggapan kepada kelompok yang telah menyampaikan hasil diskusinya.

Kata kunci: Tindak tutur direktif, film, dan skenario pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto