KEEFEKTIFAAN MODEL MIND MAPPING DAN MODEL INQUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Suci Hartanti, Khabib Sholeh, Suci Rizkiana

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan model pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019; (2) keefektifan model pembelajaran Inquiri terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019; (3) perbandingan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019 yang diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping dan yang diajar dengan model pembelajaran Inquiri. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI TB 1 sebagai kelas dengan model pembelajaran Mind Mappingdan siswa kelas XI TB 2 sebagai kelas dengan model pembelajaran Inquiridengan masing- masing berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 16.0. Data penelitian diperoleh melalui tes dan nontes. Pengumpulan data didapat dari hasil tes (pretest dan posttest) dan nontes (angket dan wawancara). Hasil penelitian ini: (1) hasil angket motivasi siswa yakni pada skala 3 (ragu-ragu) sebelum mendapat perlakuan model pembelajaran Mind Mapping. Respon menjadi skala 4 (setuju) setelah masing-masing kelas mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Mind Mapping. Peningkatan motivasi berdasarkan segi orientasi keberhasilan meningkat 13%, antisipasi kegagalan 5%, inovasi 9%, dan tanggung jawab 3%. (2) nilai yang didapat pretest dan posttest model pembelajaran Mind Mapping (0,226 dan 0,369) dan pretest posttest kelompok model pembelajaran Inquiri (0,692 dan 0, 815) berdisitribusi normal. Hasil thitungmodel Inquiri diperoleh ttabelsebesar 1,701 dan Sig (0,000)< α = 0,05. thitung (-10,566) > ttabel (1,701) dan hasil thitung(-3,423) < -ttabel(1.701) menunjukkan bahwa model pembelajaran MindMapping berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen, (3) hasil thitung(5,020) > ttabel(1,701) atau thitung (-5,020) < (-1,701) membuktikan bahwa nilai keterampilan menulis cerpen siswa yang diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping lebih efektif dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiri.

Kata Kunci : mind mapping, inquiri, menulis cerpen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.