Kajian Nilai Keislaman Novel Ketika Embun Merindukan Cahaya Karya Hadis Mevlana dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA

Siti Masruroh, Bagiya Bagiya, Umi Faizah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) kebahasaan, (3) nilai keislaman dalam novel Ketika Embun Merindukan Cahaya karya Hadis Mevlana dan (4) rencana pelaksanaan pembelajaran nilai keislaman di kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai keislaman pada novel Ketika Embun Merindukan Cahaya karya Hadis Mevlana dan rencana pelaksanaan pembelajarannya pada Siswa kelas XII di SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan analisis isi.Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Ketika Embun Merindukan Cahaya karya Hadis Mevlana, meliputi: (a) tema: keteguhan iman dan keyakinan sepenuh hati pada Allah Swt. (b) tokoh utama: Sofyan (religius, bijaksana, pandai, dan penyayang), tokoh tambahan: Kiara, Felix, Fritz, Olivia, Emak, Aini, Mario, Eva, Om Thimoty, Paman Daud, Tante Anna, Hezron, dan Paman Gamaliel, (c) alur campuran; (d) latar tempat: Kanada, Kuantan, Regina, Universitas of Saskatchewan, lobi apartemen, taman, masjid, apartemen, dan Murray Library; latar waktu: malam, subuh, pagi, jumat; latar sosial: dakwah, tolong menolong, dan tradisi; (e) amanat: teruslah berikhtiar dan bertawakal kepada Allah Swt.; (2) kebahasaan meliputi: ungkapan, majas personifikasi, peribahasa perumpamaan; (3) nilai keislaman novel Ketika Embun Merindukan Cahaya karya Hadis Mevlana mencakup: (a) akidah meliputi: iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Rasul, iman kepada hari kiamat, iman kepada   qada   dan   qadar;   (b)   akhlak   meliputi;   akhlak   mahmudah,   dan madzmumah; (c) syariah meliputi; menutup aurat, wudu, salat, doa, dan; (d) takwa meliputi; hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan alam; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Ketika Embun Merindukan Cahaya karya Hadis Mevlana di kelas XII SMA yang disesuaikan dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Pembelajaran ini dilaksanakan dengan modelpembelajaran group investigation yang  dilakukan  dengan tahap  pendahuluan  guru  mengondisikan siswa, lalu pada tahap inti guru mengelompokkan siswa untuk berdiskusi, dan tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran.

 

Kata Kunci: nilai keislaman, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.