ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM NASKAH DRAMA NYONYA-NYONYA KARYA WISRAN HADI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Desty Rachmawati, Bagiya Bagiya, Umi Faizah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) fungsi tindak tutur, dan (2) skenario pembelajaran tindak tutur dalam naskah drama Nyonya-Nyonya karya Wisran Hadi. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi. Sumber data penelitian ini adalah naskah drama Nyonya-Nyonya. Objek penelitian yang digunakan berupa tindak tutur dalam naskah drama Nyonya-Nyonya. Dalam pengumpulan data ini digunakan teknik simak. Instrumen penelitian ini berupa nota pencatat dan alat tulis. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik padan.  Dalam  penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) fungsi tindak tutur meliputi (a) representatif (b) direktif  (c) ekspresif  (d) komisif (e) deklarasi, (2) Skenario pembelajaran tindak tutur representatif, deklarasi, ekspresi, komisif, dan deklarasi pada naskah drama Nyonya-Nyonya karya Wisran Hadi dapat diterapkan dalam pembelajaran drama/film dengan menggunakan metode Kuantum. Kegiatan awal pembelajaran dimulai dengan memberikan salam, memeriksa kehadiran peserta didik, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan inti yang dilakukan saat proses pembelajaran meliputi 6 langkah. Langkah pertama dilakukanmenumbuhkan pemahaman dan minat terhadap aspek kebahasaan dan tindak tutur dalam naskah drama. Kedua, pendidik mengajak peserta didik untuk mengalami pembelajaran. Ketiga, peserta didik menamai hasil identifikasi yang telah dilakukan peserta didik. Keempat,pendidik  mendemontrasikan pembelajaran. Kelima, pendidik dan peserta didik mengulangi pelajaran. Keenam, pendidik dan peserta didik merayakan hasil pengalaman belajar peserta didik.

Kata kunci: tindak tutur, naskah drama, dan skenario pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.