ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL MERINDU BAGINDA NABI KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Anisa Setyaningrum, Bagiya Bagiya, Umi Faizah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy; (2) kebahasaan novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy; (3) nilai pendidikan karakter novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy di Kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini meliputi: (1) unsur intrinsik novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy mencakup enam aspek, yaitu (a) tema: perjuangan seorang gadis dalam meraih prestasi yang disertai kerinduan teramat dalam kepada Baginda Nabi; (b) tokoh utama: Rifa, sedangkan tokoh tambahanny: Mbah Tentrem, Abah, Tuan Bill, Fiona, dan Bu Ririn; (c) alur: maju; (d) latar: tempat, waktu, suasana, dan sosial; (e) amanat: Pandai-pandailah bersyukur, teladani dan cintailah Baginda Nabi; (2) kebahasaan novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy mencakup tiga aspek, yaitu ungkapan, majas, dan peribahasa; (3) nilai pendidikan karakter novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy ada 15, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di kelas XII SMA yang terdapat dalam KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dilakukan dengan tahap pendahuluan guru mengondisikan siswa, lalu pada tahap inti guru mengelompokkan siswa untuk berdiskusi, dalam tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran serta menanamkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata kunci : pendidikan karakter, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.