KEEFEKTIFAN MEDIA FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI MAN 4 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh media flash card terhadap motivasi siswa kelas XI yang termasuk kelompok eksperimen di MAN 4 Kebumen; (2) pengaruh media flash card terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas MAN 4 Kebumen; dan (3) perbandingan kemampuan siswa kelas XI MAN 4 Kebumen dalam menulis teks eksplanasi yang diajar menggunakan media flash card dengan siswa yang diajar menggunakan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis nonequivalent control group desaign yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini yakni 33 siswa kelas XI MIPA 2 (kelompok eksperimen) dan 35 siswa XI MIPA 1 (kelompok kontrol) di MAN 4 Kebumen. Subjek tersebut dipilih dengan teknik purposive sampling. Penyajian data menggunakan teknik informal. Data penelitian diperoleh melalui tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan program SPSS (Statistice Package For Social Science) versi 22. Hasil penelitian membuktikan media flash card memiliki pengaruh yang positif dalam keterampilan menulis teks eksplanasi. Hal tersebut dilihat dari perbedaan nilai rata-rata awal 67,87 berubah menjadi 74,90, dengan uji t diperoleh nilai thitung (-17,731) < -ttabel (-1,697). Kemudian, siswa yang diajar dengan media flash card mendapatkan hasil yang lebih baik. Kelas ekperimen memiliki rata-rata yang lebih baik daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas ekperimen 74,90 sedangkan kelas kontrol 72,05, dengan diperoleh nilai thitung (-1,772) > ttabel (-1,697). Hal tersebut membuktikan bahwa nilai keterampilan menulis teks teks eksplanasi siswa yang menggunakan media flash card lebih baik daripada siswa yang menggunakan media konvensional.
Kata Kunci: media flash card, menulis teks eksplanasi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.