ANALISIS NILAI MORAL NOVEL KIDUNG RINDUDI TAPAL BATAS KARYA AGUK IRAWAN DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE KUANTUM DI SMA
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) nilai moral, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah dialog kutipan langsung dan tidak langsung dalam novel. Objek penelitian ini adalah novel Kidung Rindu di Tapal Batas karya Aguk Irawan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah penulis selaku peneliti sebagai instrumen utama dengan bantuan kartu pencatat data dan alat tulis. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini yaitu: (1) unsur intrinsik, meliputi: (a) tema dalam novel tersebut perjuangan hidup di daerah tapal batas yang penuh penderitaan,(b) tokoh dan penokohan terdiri dari Nanjan (pekerja keras, keras kepala), Iskandar (sabar dan bijaksana), Mawinei (setia), Pang Ukir (pasrah dan bijaksana), dan Hamdan (baik hati dan penurut). Alur berdasarkan urutan peristiwa, (c) menurut jenisnya termasuk alur maju, menurut cara mengakhirinya termasuk alur tertutup, menurut kualitasnya termasuk alur longgar, dan menurut kuantitasnya termasuk alur tunggal, (d) latar terbagi menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana, dan latar sosial. Secara garis besar latar tempat terletak di Jagoi Babang, Kalimantan Utara, Indonesia, latar waktu meliputi pagi, Selasa pagi, tanggal 5,7, 10 , dan malam hari, latar suasana meliputi suasana mencekam, ricuh, dan sedih, (e) sudut pandang orang ketiga pelaku utama, dan (f) amanat dalam novel tersebut adalah cintailah negeri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya; (2) nilai moral meliputi (a) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri dari: keras kepala, bijaksana, dan kerja; (b) nilai moral manusia dengan manusia lain terdiri dari berbakti terhadap orang tua, toleransi, tolong menolong, setia, peduli; (c) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan terdiri dari: bersyukur dan doa; (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan berdasarkan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dengan menggunakan metode kuantum yang terdiri dari enam langkah pokok yaitu: tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi.
Kata kunci : nilai moral, rencana pelaksanaan pembelajaran, metode kuantum
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.