STUDI KASUS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA GURU BAHASA INDONESIA DI SMP PGRI 1 BUAYAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dalam mengatur dan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) aktivitas guru Bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dalam melaksanakan pembelajaran saintifik; dan (3) aktivitas guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dalam mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dan objek dari penelitian ini adalah kurikulum 2013. Waktu penelitian pada bulan September sampai dengan bulan Agustus 2018. Tempat penelitian di SMP PGRI 1 Buayan. Fokus penelitian ini pada implementasi kurikulum 2013 pada guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif. Teknik penyajian menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini disimpulkan: (1) guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dalam menyusun sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah sesuai berdasarkan Permendikbud Nomer 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum; (2) guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan mengerti tentang pembelajaran saintifik, tetapi dalam mengimplementasikan pembelajaran saintifik tidak dapat dikatakan keseluruhannya berhasil dalam mengimplemen-tasikan kelima langkah pembelajaran saintifik; (3) guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan belum dapat dikatakan sesuai dengan Ditjen Dikdasmen tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian dalam mengevaluasi pembelajaran.
Kata kunci: implementasi, kurikulum 2013, guru Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.