ANALISIS NILAI SOSIOLOGI SASTRA NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS XII SMA

Lia Rosdiana, Sukirno Sukirno, Bagiya Bagiya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) aspek sosiologi sastra, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan metode kooperatif di kelas XII SMA. Subjek penelitian ini berupa novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Objek penelitian yang diteliti adalah aspek-aspek sosiologi sastra. Fokus penelitian ini adalah aspek-aspek sosiologi sastra dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dengan metode kooperatif di kelas XII SMA. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik meliputi: (a) tema: hubungan sepasang kekasih yang terhalang karena perbedaan, (b) tokoh utama: Sarwono dan Pingkan, tokoh tambahan: bu Pelenkahu, Toar, Tante Heny, Ayah Sarwono, dan Ibu Sarwono, (c) alur: campuran, (d) latar terdiri dari: latar waktu meliputi: pagi, siang, sore, malam, bulan Juni; latar tempat antara lain: Yogyakarta, Menado, Jakarta, Kampus UI, Hotel, Solo, Keraton Kasunanan, Mesjid Gedhe, Rumah Pingkan, Mall, Bandara, Kyoto, Rumah Sakit; latar sosial: keyakinan dan keakraban masyarakat Jawa dengan masyarakat Menado, (d) sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (2) aspek sosiologi sastra meliputi: (a) aspek kekerabatan terdiri dari: kekerabatan dan rasa peduli terhadap sahabat, dan kekerabatan orang tua dengan anaknya, (b) aspek pendidikan meliputi: pendidikan formal di perguruan tinggi yang didapatkan oleh Sarwono, Pingkan, dan Toar, (c) aspek perekonomian meliputi: Sarwono dan keluarganya tergolongan ekonomi menengah ke bawah, dan kerja keras seorang anak demi membantu perekonomian keluarganya, (d) aspek cinta kasih antara lain: cinta kasih orang tua kepada anaknya, dan cinta kasih antara Pingkan dengan Sarwono, (e) aspek moral terdiri dari: bekerja keras untuk mencapai cita-cita, bertanggung jawab dalam bekerja, bersyukur, rajin dan taat beribadah; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan metode kooperatif di kelas XII SMA dilaksanakan menggunakan kurikulum 2013. Kompetensi dasar yang digunakan yaitu 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode kooperatif. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari: (a) kegiatan awal; (b) kegiatan inti meliputi: mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, dan presentasi kelas; (c) kegiatan akhir.

 

Kata kunci: aspek-aspek sosiologi sastra, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.