PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Koko Nur Ramdan, Sukirno Sukirno, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan informasi: (1) pengaruh metode pembelajaran kuantum terhadap motivasi belajar siswa kelas XI yang termasuk kelas eksperimen SMK Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2017/ 2018; (2) pengaruh metode pembelajaran kuantum terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2017/2018; (3) perbandingan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2017/2018 yang diajar dengan metode pembelajaran kuantum dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Subjek penelitian diperoleh melalui teknik purposive sampling yang terdiri dari 36 siswa kelas XI TPB (kelas eksperimen) dan 36 siswa kelas XI TPC (kelas kontrol) di SMK Negeri 1 Gombong. Pengumpulan data didapat dari tes (pretest dan posttest) dan nontes (angket). Kelas eksperimen mendapat perlakuan metode pembelajaran kuantum sebelum melakukan posttest. Koefisien reliabilitas instrumen adalah 0.906. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini disimpulkan (1) Terdapat pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran kuantum terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gombong. Hal ini dibuktikan dengan enam indikator dalam motivasi belajar berubah yang sebelumnya rata-rata berada pada skala 3 (ragu-ragu) menjadi skala 4 (setuju); (2) Terdapat pengaruh positif setelah penggunaan metode pembelajaran kuantum terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gombong. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang didapat dari pretest dan posttest kelas eksperimen Sig. 0.083 dan 0.103, sedangkan pretest dan posttest kelas kontrol Sig. 0.065 dan 0.71 terdistribusi normal (nilai Sig > 0.05). Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar (72.1) meningkat menjadi (80.5) pada nilai rata-rata posttest dan berdasarkan uji paired sample test diperoleh (thitung (-5.004) < -ttabel (-1.684); (3) Keterampilan menulis cerpen siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kuantum lebih baik daripada keterampilan menulis cerpen siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode pembelajaran kuantum (80.5) lebih baik dibandingkan rata-rata nilaiĀ  kete-rampilan menulis cerpen yang diajar menggunakan metode konvensional (67.8) dan berdasarkan uji paired sample test diperoleh (thitung (-9.228) < -ttable (-1.684).

Kata Kunci: metode pembelajaran kuantum, motivasi belajar siswa, menulis cerpen


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.