TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA DIALOG FILM SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2 SUTRADARA HANUNG BRAMANTYO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XI SMA

Anissa Nur Latifah, Mohammad Fakhrudin, Umi Faizah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif, (2) mendeskripsikan relevansi tindak tutur direktif dalam dialog film Surga yang Tak Dirindukan 2 Sutradara Hanung Bramantyo dengan pembelajaran kete­rampilan mendengarkan tindak tutur direktif pada siswa kelas XI semester 2 SMA, dan (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran keterampil­an mendengarkan tindak tutur direktif dengan media film Surga yang Tak Dirindukan 2 Sutradara Hanung Bramantyo pada siswa kelas XI semester 2 SMA.Objek penelitian ini adalah tuturan pada tokoh film Surga yang Tak Dirindukan 2 Sutradara Hanung Bramantyo, dengan fokus penelitian tindak tutur direktif menurut teori Ibrahim. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data simak bebas libat cakap;teknik analisis data daya pilah pragmatis; dan penyajian hasil analisis data dengan menggunakan teknik penyajian hasil analisis informal.Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah (1) jenis dan fungsi tindak tutur direktif pada film Surga yang Tak Dirindukan 2 Sutradara Hanung Bramantyo; (2) relevansi tindak tutur direktif dalam dialog film Surga yang Tak Dirindukan 2 Sutradara Hanung Bramantyo dengan pembelajaran kete­rampilan mendengarkan tindak tutur direktif pada siswa kelas XI semester 2 SMA; (3) skenario pembelajaran keterampilan mendengarkan dengan media film dengan materi tindak tutur langsung dan tidak langsung pada film Surga yang Tak Dirindukan 2 Sutradara Hanung Bramantyo di kelas XI SMA menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Langkah-langkah pembelajarannya: (a) siswa mengamati materi mengenai tuturan langsung dan tidak langsung yang disampaikan oleh guru; (b) siswa mendengarkan tuturan yang terdapat dalam film Surga yang Tak Dirindukan 2 Sutradara Hanung Bramantyo; (c) siswa bertanya pada guru mengenai materi yang belum dipahami; (d) siswa mendiskusikan informasi yang diperoleh mengenai tuturan langsung dan tidak langsung berdasarkan jenis dan fungsinya yang terdapat dalam karya sastra; (e) siswa menulis dan menyiapkan hasil diskusi; dan (f) siswa mempresentasikan hasil diskusi mengenai tuturan langsung dan tidak langsung dan melakukan tanya jawab dengan kelompok lain.

 

Kata Kunci: tindak tutur direktif, film, skenario pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.