PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X MA MA’ARIF NGALIAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi: (1) proses pembelajaran menulis teks negosiasi dengan media audio visual; (2) pengaruh media audio visual terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada; (3) peningkatan kemampuan menulis teks negosiasi dengan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA sebanyak 28 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus satu, dan siklus dua. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi sumber, media, dan teori. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian analisis data digunakan teknik informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Proses pembelajaran menulis teks negosiasi dengan media audio visual pada siswa kelas X MA Ma’arif Ngalian meliputi: siswa menyimak video negosiasi yang ditampilkan, siswa mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks negosiasi yang meliputi orientasi, argumen, dan kesepakatan, siswa menulis teks negosiasi. (2) Pengaruh media audio visual terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis teks negosiasi sangat baik. Hal ini terbukti dari jumlah persentase minat siswa yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 38,46%. Setelah diterapkan media audio visual, minat siswa meningkat menjadi 49,28% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 77,14% pada siklus II. (3) Peningkatan kemampuan menulis teks negosiasi dengan media audio visual dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa pada setiap tindakannya. Pada prasiklus kemampuan siswa mencapai nilai rata-rata 56,23 atau masih dalam kategori kurang. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 74,61 atau dalam kategori cukup dan pada siklus II sebesar 80,21 atau dalam kategori baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks negosiasi.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor dari prasiklus sampai dengan siklus II.
Kata kunci: menulis teks negosiasi, media audio visual
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.