NILAI MORAL NOVEL SANG PENAKLUK KUTUKAN KARYA ARUL CHANDRANA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK

Desi Damayanti, Bagiya Bagiya

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai moral novel Sang Penakluk Kutukan karya Arul Chandrana, dan (3) skenario pembelajaran sastra dalam novel Sang Penakluk Kutukan karya Arul Chandrana di kelas XII SMK. Sumber data diperoleh dari novel Sang Penakluk Kutukan karya Arul Chandrana. Fokus penelitian ini berupa nilai moral yang terdapat pada novel Sang Penakluk Kutukan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Sang Penakluk Kutukan karya Arul Chandrana terdiri atas (a) tema: kepercayaan di masyarakat; (b) tokoh dan penokohan, tokoh utama: Ranti berwatak berbakti pada orang tua, dan baik hati, tokoh tambahan: Hekma: peduli, Rama Laklang: sabar, Bu Leli: lembut; (c) alur campuran; (d) latar tempat: Desa Kumalasa, Pantai Labbhuan, dan Pulau Karabillo, latar waktu: pagi, siang, dan malam, latar sosial: kepercayaan masyarakat terhadap keyakinan yang diwariskan leluhur mereka; (e) sudut pandang persona ketiga; (2) nilai moral meliputi: (a) hubungan manusia dengan dirinya sendiri meliputi: pemberani, jujur, pemaaf, dan sabar (b) hubungan manusia dengan manusia lain, meliputi: memberi nasihat, kasih sayang dalam keluarga, tolong menolong, dan persahabatan (c) hubungan manusia dengan Tuhan, meliputi: mengucapkan salam, istighfar, tawakal, menjauhi larangan Allah, berdoa, bersyukur, dan menjenguk orang sakit, dan (d) hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi: memuji keindahan alam dan memanfaatkan alam; dan (3) skenario pembelajaran pada novel diterapkan dalam pembelajaran di kelas XII SMK yang terdapat Kompetensi Dasar: (3.1) memahami struktur dan kaidah dan teks cerita fiksi dalam novel (3.3) menganalisis teks cerita fiksi dalam novel. Pembelajaran ini menggunakan model jigsaw. Langkah-langkah pembelajaran meliputi: pendidik membuka pembelajaran dan berdoa, pendidik menyampaikan materi pembelajaran tentang struktur intrinsik novel dan nilai moral yang terdapat dalam novel, peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis struktur intrinsik dan nilai moral novel Sang Penakluk Kutukan Karya Arul Chandrana, peserta didik mendiskusikan dan melaporkan hasil diskusi, pendidik mengevaluasi hasil kelompok peserta didik.

 

Kata kunci: nilai moral, novel, skenario pembelajaran SMK


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.