ANALISIS KEARIFAN LOKAL PADA NOVEL KENANGA KARYA OKA RUSMINI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Widya Setyaningsih, Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) struktur novel Kenanga karya Oka Rusmini, (2) kearifan lokal novel Kenanga karya Oka Rusmini dan, (3) skenario pembelajaran novel Kenanga karya Oka Rusmini di kelas XII SMA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek kajian penelitian ini ada dua, yaitu formal dan material, sumber data penelitian ini ada dua, yaitu sumber data utama dan sumber data tambahan. Subjek penelitian ini adalah kearifan lokal. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik catat dan teknik pustaka, instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti dan kertas pencatat data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik model interaktif, sedangkan teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah (1) struktur novel Kenanga meliputi tema: pengorbanan sang kakak kepada adik; tokoh dan penokohan: Kenanga (penyayang, rela berkorban, tegar), Bhuana (peduli, setia, sabar, cemburu), Kencana (penyayang), Luh Intan (sopan santun, tidak suka merepotkan orang lain, ceria), Ibu (gengsi), Ayah (berwibawa), Mahendra (humoris, pemalu), Galuh (jahat, pemarah); alur (campuran); latar. latar tempat (Rumah, Kamar, Sanur, Pura), Latar Waktu (Pagi hari, malam hari), latar sosial (keluarga Brahmana, dosen muda); amanat: dalam hidup manusia pasti merencanakan hal-hal yang akan dilakukan di kehidupanya masing-masing, tetapi tetap Tuhan yang menentukan langkah kita; sudut pandang: orang ketiga serba tahu; Bahasa dan gaya Bahasa: bahasa Bali, gaya bahasa (personifikasi, alegori dan hiperbola), (2) lima wujud kearifan lokal yang terdapat pada novel Kenanga karya Oka Rusmini yakni bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, dan sistem religi, (3) skenario pembelajaran struktur novel Kenanga karya Oka Rusmini dilaksanakan dengan menggunakan model discovery learning. Langkah-langkah pembelajarannya meliputi kegiatan pendahuluan, inti (stimulation, problem statement, data processing, verification, generaliezed) dan penutup. Penilaian hasil belajar melalui penilaian sikap, dan penilaian pengetahuan.

 

Kata Kunci: struktur novel Kenanga karya Oka Rusmini, kearifan lokal, skenario pembelajaran.


Full Text:

PDF Text



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.