ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF PADA DIALOG FILM SURGA YANG TAK DIRINDUKAN SUTRADARA KUNTZ AGUS DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif pada dialog film STD Sutradara Kuntz Agus, (2) bentuk tindak tutur ekspresif pada dialog film STD Sutradara Kuntz Agus, (3) Relevansi analisis tindak tutur dengan pembelajaran mendengarkan di kelas XI SMA, dan (4) skenario pembelajaran mendengarkan tindak tutur direktif dan ekspresif pada dialog film STD Sutradara Kuntz Agus di kelas XI SMA. Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Film STD Sutradara Kuntz Agus digunakan sebagai sumber data. Data penelitian berupa tuturan para tokoh dalam film STD. Objek penelitian ini berupa TTD dan TTE. Teknik SBLC dan teknik catat digunakan dalam teknik pengumpulan data. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu dengan alat pencatat data. Metode analisis menggunakan metode padan. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk TTD dalam film STD terdiri dari: (1) permintaan meliputi fungsi meminta, memohon, berdoa, dan mengajak, (2) pertanyaan meliputi fungsi bertanya dan menginterogasi, (3) perintah meliputi fungsi menuntut, menginstruksikan, mensyaratkan, menyuruh, dan memerintah, (4) larangan dengan fungsi melarang (5) pemberian izin meliputi fungsi menyetujui, membolehkan, memaafkan, memberi wewenang, dan mengabulkan, serta (6) nasihat meliputi fungsi menasihati, menyarankan, memperingatkan/mengingatkan, mengusulkan, dan mendorong. Kemudian, bentuk TTE dalam film STD Sutradara Kuntz Agus yang terdiri dari: (1) mengucapkan terima kasih, (2) mengucapkan selamat, (3) meminta maaf, (4) memaafkan, (5) memuji dan menyanjung, (6) menuduh dan menyalahkan, (7) salam, (8) berbelasungkawa, (9) mengkritik, dan (10) mengeluh. Selanjutnya, relevansi TTD dan TTE dalam dialog film STD Sutradara Kuntz Agus dengan pembelajaran keterampilan mendengarkan di kelas XI semester 2 SMA dikaitkan dengan pembelajaran mendengarkan yang merujuk pada Kurikulum 2013. Skenario pembelajaran film/drama dengan materi TTD dan TTE dalam dialog film STD Sutradara Kuntz Agus di kelas XI SMA dengan model pembelajaran Kontekstual, meliputi: (a) mengamati dan mencatat percakapan yang berisi tuturan perintah dan ekspresi (b) menyaksiksan film STD; (c) mengidentifikasi dan menganalisis tuturan perintah dan ekspresi pada dialog film STD; (d) presentasi, (e) memberikan penguatan, simpulan, dan evaluasi.
Kata kunci : tindak tutur, direktif dan ekspresif, film, skenario pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.