ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN KOMISIF PADA FILM NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Aminataz Zuhriyah, Bagiya Bagiya, Kadaryati Kadaryati

Abstract


Abstrak: tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) tindak tutur direktif pada film Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi, (2) tindak tutur komisif pada film Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi, dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dan komisif di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini percakapan film Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi, objek penelitian berupa tindak tutur direktif dan komisif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat, instrumen penelitian menggunakan bantuan kartu pencatat data, teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi, dan teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) tindak tutur direktiif pada film Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi meliputi: (a) fungsi mengajak, (b) fungsi meminta, (c) fungsi memerintah, (d) fungsi menyuruh, (e) fungsi memohon, (f) fungsi menantang, (g) fungsi menagih, (h) fungsi menyarankan, (i) fungsi memberikan aba-aba, (2) tindak tutur komisif pada film Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi meliputi: (a) fungsi berjanji, (b) fungsi berkaul, (c) fungsi menawarkan, (d) fungsi menyatakan kesanggupan, dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dan komisif pada film Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi menggunakan metode pembelajaran kuantum. Langkah-langkah pembelajaran ini meliputi: (a) guru menumbuhkan pemahaman, minat siswa terhadap aspek kebahasaan dan tindak tutur direktif serta komisif, (b) guru mengajak siswa untuk mengalami pembelajaran dengan menyaksikan film Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi, (c) guru dan siswa menamai dengan mengidentifikasi kebahasaan, tindak tutur direktif, dan komisif, (d) siswa mendemonstrasikan pelajaran dengan melakukan identifikasi mendiri dan membuat percakapan yang mengandung tuturan direktif dan komisif sesuai dengan kaidah kebahasaan, (e) guru dan siswa mengulangi pelajaran dengan mengoreksi dan memperbaiki hasil pengalaman siswa, (f) guru dan siswa merayakan hasil pengalaman belajar dengan memberikan reward kepada siswa yang memperoleh hasil terbaik.

 

Kata kunci: Tindak tutur direktif, komisif, skenario pembelajaran

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.