PENGARUH METODE COPY THE MASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA LEGENDA PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KUWARASAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh metode copy the master terhadap motivasi belajar peserta didik dalam menulis cerita legenda, 2) pengaruh metode copy the master terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis cerita legenda, 3) perbandingan kemampuan peserta didik dalam menulis cerita legenda yang diajar dengan metode copy the master dengan peserta didik yang tidak diajar dengan metode copy the master. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah Kelas VII A dengan jumlah 32 peserta didik yang dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B dengan jumlah 31 peserta didik yang dipilih sebagai kelompok kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan tes. Product Moment digunakan untuk menguji validitas instrumen penelitian, Alpha Cronbach untuk menguji reliabilitas intrumen, Kolmogrov-Smirnov Test atau nilai Asymp. Sig. (2 tailed) > digunakan untuk uji normalitas, dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) presentase motivasi peserta didik meningkat setelah mendapat metode copy the master pada aspek orientasi sebesar 10,52% (63,83%-76,35%), aspek antisipasi kegagalan sebesar 15,49% (62,38%-77,87%), aspek inovasi sebesar 9,62% (66,75%-76,37%), aspek tanggung jawab sebesar 10,62% (63,59%-74,21%) ;(2) metode copy the master berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita legenda pada peserta didik kelas VII SMP N 1 Kuwarasan, Kebumen. Hal tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis 2 diperoleh data nilai thitung sebesar -8.083. Tabel distribusi t dicari pada α=0,05 (two tail test) diperoleh ttabel sebesar 1,69 dan Sig. (0,000) < α=0,05. Nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel yakni thitung (-8.083) < ttabel (-1,69) sehingga berada pada daerah penolakan Ho; (3) kemampuan peserta didik dalam menulis cerita legenda yang diajar dengan metode copy the master lebih baik dibandingkan dengan kemampuan peserta didik dalam menulis cerita legenda menggunakan metode ceramah. Hal tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis 3 diperoleh data nilai thitung adalah 4.612. Tabel distribusi t dicari pada α=0,05 (two tail test) diperoleh ttabel sebesar 1.69 dan Sig. (0,000) < α (0,05). Nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel yakni thitung (4.612)> ttabel (1.69) atau thitung (-4.612) < ttabel (-1.69) sehingga berada pada daerah penolakan Ho.
Kata kunci: copy the master, motivasi belajar, dan menulis cerita legenda.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.