PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai: (1) pengaruh metode quantum learning terhadap motivasi; (2) pengaruh metode quantum learning terhadap kemampuan menulis cerita rakyat siswa kelas X SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018; (3) nilai kemampuan menulis cerita rakyat siswa kelas X SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018 yang diajar menggunakan metode quantum learning lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan metode konvensional.Subjek penelitian diperoleh melalui teknik purposive sampling yang terdiri dari 28 siswa kelas X TAV A (kelas eksperimen) dan 20 siswa kelas X TAV B (kelas kontrol) di SMK Ma’arif 4 Kebumen. Pengumpulan data didapat dari tes dan nontes.Koefisien reliabilitas soal sebesar 0,29 dan reliabilitas instrumen adalah 0,52. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan statistik.Penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal.Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa siswa lebih termotivasi dalam menulis cerita rakyat setelah mendapat perlakuan dengan metode quantum learning.Hal ini dibuktikan dengan keempat aspek dalam motivasi belajar berubah yang sebelumnya rata-rata berada pada skala 3 (ragu-ragu) menjadi skala 4 (setuju). Nilai rata-rata menulis cerita rakyat sebelum menggunakan metode quantum learning (70,07) meningkat menjadi (78,96) (thitung (-16,688) < -ttabel (-2.05). Nilai yang didapat dari prates dan pascates kelas eksperimen dengan nilai Sig. 0,274 dan 0,075, sedangkan prates dan pascates kelas kontrol Sig. 0,593 dan 0,581 terdistribusi normal (nilai Sig > 0,05). Nilai rata-rata pascates kelas eksperimen yang diajar dengan metode quantum learning (78,96) lebih baik dibandingkan rata-rata nilai menulis cerita rakyat yang diajar menggunakan metode konvensional (76,55) (thitung (-3,996) < ttable (2,05). Berdasarkan data tersebut, dapat dibuktikan bahwa nilai menulis cerita rakyat siswa yang diajar menggunakan metode quantum learning lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan metode konvensional.
Kata kunci: pengaruh metode qauntum learning, menulis cerita rakyat siswa SMK.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.