PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMK BATIK SAKTI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Endang Purnamasari, Khabib Sholeh, Kadaryati Kadaryati

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi: 1) penerapan pembelajaran menulis puisi menggunakan metode picture and picture pada siswa X SMK Batik Sakti 1 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017, 2) pengaruh metode picture and picture terhadap motovasi belajar menulis puisi pada siswa kelas X SMK Batik Sakti 1 Kebumen, 3) peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas X SMK Batik Sakti 1 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yaitu proses tindakan kelas dengan siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus dilakukan empat tahap sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran menulis puisi menggunakan metode picture and picture yaitu, 1) guru melakukan apersepsi; 2) guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan KD yang akan dicapai; 3) guru menayangkan gambar; 4) siswa mengidentifikasi struktur fisik dan struktur batin puisi; 5) siswa mengidentifikasi struktur fisik dan struktur batin; 6) siswa diminta membuat puisi  berdasarkan gambar yang ditayangkan dengan memperhatikan struktur fisik dan struktur batin puisi; dan 7) guru menyuruh salah satu siswa untuk membacakan puisinya di depan kelas; dan 8) siswa guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari. Pengaruh pembelajaran menulis puisi menggunakan metode picture and picture terhadap minat siswa menjadi lebih baik, pada prasiklus rata-rata minat belajar siswa adalah 47,22%. Sementara itu pada siklus I, rata-rata minat belajar siswa menjad 83,33%, dan siklus II rata-rata menjadi 88,89%. Peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan metode picture and picture juga meningkat terlihat pada meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM 75. Jumlah siswa yang mencapai nilai di atas KKM pada prasiklus 2,78% atau 1 siswa, pada siklus I 22,22%  atau 8 siswa, dan pada siklus II 95,45% atau 30 siswa.

 

Kata Kunci: Kemampuan Menulis Puisi, Metode Picture and Picture.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.