PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII A MTS MA’ARIF NU 02 BRUNO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tri Setia Utomo, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode pembelajaran Field Trip, (2) pengaruh metode pembelajaran Field Trip terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 02 Bruno tahun pelajaran 2016/2017, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 02 Bruno dengan menggunakan metode pembelajaran Field Trip. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan metode penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode pembelajaran Field Trip pada siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 02 Bruno dilakukan dalam enam tahap, (2) pengaruh metode pembelajaran Field Trip terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 02 Bruno tahun pelajaran 2016/2017 dapat dikategorikan menjadi lebih baik. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dari hasil observasi yang mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi dengan baik sesuai dengan kriteria kkm yang telah ditentukan yaitu 75.

 

Kata Kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Metode Field Trip, Kelas VII.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.