NILAI RELIGIUS NOVEL KANVAS KARYA BINTANG PURWANDA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Murtanita Wiji Prasetyani, Sukirno Sukirno, Umi Faizah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur dan kaidah teks novel Kanvas karya Bintang Purwanda; (2) unsur intrinsik  novel Kanvas karya Bintang Purwanda; (3) nilai religius novel Kanvas karya Bintang Purwanda; dan (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kanvas karya Bintang Purwanda di kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah kartu pencatat data. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Penyajian hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah (1) struktur dan kaidah teks novel Kanvas karya Bintang Purwanda meliputi (a) abstrak: Qayyima bukan dari keluarga mapan finansial (b) orientasi: menceritakan watak tokoh Qayyima yang tunduk dengan syariat Allah (c) komplikasi: cobaan hidup (d) evaluasi: Qayyima berhasil menyelamatkan ayahnya (d) resolusi: Qayyima tidak lagi sendu dan jauh lebih tangguh (f) koda: hidup harus dijalani dengan kerja keras, doa, tawakal dan ikhlas; (2) unsur intrinsik novel Kanvas Karya Bintang Purwanda  meliputi (a) tema mayor: perjuangan hidup sedangkan tema minor: musibah, ekonomi, persahabatan, dan perubahan; (b)Tokoh utama: Qayyima Salimah, tokoh tambahan: Regina, Paman Akmal, Encik Ling, Pak Tedjo, Bang Wahid, Bu Ratna, Bu Lisa, Mpok Dijah, dan Pak RT; (c) alur yang digunakan adalah alur campuran, (d) latar tempat: depan kelas, sekolah, kolong  flyover Ciputat, kamar Regina, Rumah Qayyima. Latar waktu: pagi hari, sore hari, malam hari. Latar sosial: menengah bawah dan menengah atas; (e)  sudut pandang yang digunakan adalah persona ketiga mahatahu; (3) nilai religius sastra novel Kanvas Karya  Bintang Purwanda meliputi (a) nilai akidah:  iman kepada Allah, iman kepada kitab Allah, dan iman kepada takdir. (b) nilai akhlak: sabar, syukur, tolong-menolong, dan berbakti kepada orang tua. (c) nilai syariah: salat, wudu, menutup aurat, menuntut ilmu,doa, zikir, dan sedekah; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di kelas XII SMA menggunakan model pembelajaran discovery learning.  Siswa melakukan kegiatan sebagai berikut; kegiatan pendahuluan; kegiatan inti yang meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi/ mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, mengomunikasikan; penutup.

 

Kata kunci: nilai religius, struktur dan kaidah teks novel, unsur intrinsik, dan rencana pelaksanaan pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.