NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL SULUK GUNUNG JATI KARYA E. ROKAJAT ASURA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura, (2) nilai religius novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura, (3) Skenario pembelajaran unsur intrinsik novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura di kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura. Objek penelitian adalah nilai religius novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura. Fokus penelitian adalah nilai religius hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan sesama, dan hubungan manusia dengan lingkungan sosial. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi. Instrumen penelitian adalah kartu pencatat data. Teknik analisis data adalah teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang berupa tema novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura meliputi: cinta kasih, (b) tokoh, meliputi tokoh utamanya adalah Syarif Hidayatullah yang bersifat cerdas, sabar, dan berani, serta tokoh tambahan: Patih Keling, Pangeran Cakrabuana, Nyimas Pangkuwati, Ki Gedeng Bababadan, Nyimas Ratna Babadan, Hasan Ali, Syarifah Mudaim, Syarif Abdullah, Sunan Giri, Prabu Surawesisa, Adipati Unus, Fadhilah Khan, Sunan Kalijaga Sunan Bonang, dan Ki Gedeng Kemuning, (c) latar, meliputi latar tempat: Caruban Larang, Pesantren Amparanjati, Babadan, Yunan, Istana Nangkring, Ampel Delta, Masjid Agung Demak, dan Pelabuhan Kalapa, latar waktu: pagi, sore, dan malam, dan latar sosial: ajaran Syaikh Lemah Abang, dan perbedaan akidah, (d) alur: alur maju; (2) nilai religius novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura digolongkan menjadi tiga, yakni hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan sesama,.; (3) Skenario pembelajaran novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura di kelas XII SMA dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tahap pendahuluan, guru mengkondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan, lalu pada tahap inti guru menjelaskan materi pembelajaran tentang unsur intrinsik dan nilai religius novel Suluk Gunung Jati, kemudian dalam tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran sastra yang terdapat dalam novel untuk membangun karakter siswa.
Kata kunci: nilai religius, skenario pelaksanaan pembelajaran, kelas XII SMA
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.