NILAI MORAL NASKAH DRAMA SALAH TEMPAT KARYA OKIE RENDRA RAKASIWI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Asmini Asmini, Bagiya Bagiya, Suci Rizkiana

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai moral; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran naskah drama Salah Tempat Karya Okie Rendra Rakasiwi pada Siswa kelas XI di SMA. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka dan observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan dalam penyajian hasil analisis adalah teknik penyajian  informal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) unsur intrinsik  dalam naskah drama Salah Tempat karya Okie Rendra Rakasiwi sebagai berikut (a) tema; Pejabat yang tidak amanah terhadap janjinya; (b) tokoh utama: Tuan Maruk berwatak: ambisius, pekerja keras, serakah, dan beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita; (c) alur: alur maju dan alur mundur, (d) latar tempat: di   rumah sakit, ruang keluarga, ruang kerja, dan ruang periksa;  latar waktu (pagi hari, siang hari, malam hari); latar sosial:  seorang Ayah, Ibu, Pejabat, Dokter, (e) sudut pandang: persona “Aku”; (2) nilai moral dalam naskah drama Salah Tempat terdiri dari: (a) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhannya meliputi: berdoa, bersyukur, taubat, (b) nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri meliputi: kejujuran, menyadari kesalahan, menghargai waktu, dan (c) nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain meliputi: sayang keluarga, meminta maaf, sikap kekeluargaan, mengingatkan orang lain; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran naskah drama Salah Tempat di kelas XI SMA dilaksanakan dengan KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks film drama baik melalui lisan maupun tulisan dan indikator mampu mengidentifikasi unsur intrinsik dan nilai moral drama; tujuan pembelajaran siswa dapat menganalisis unsur intrinsik dan nilai moral drama; bahan pembelajarannya yaitu naskah drama; metode pembelajarannya menggunakan ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan; langkah-langkah pembelajarannya meliputi kegiatan awal, inti dan, penutup.

Kata kunci: nilai moral, drama, dan skenario pembelajaran di SMA.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.