ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Ige Janet L. W., Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan ejaan pada karangan eksposisi siswa kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015, khususnya kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan penggunaan tanda baca titik, kesalahan penggunaan tanda baca koma, dan kesalahan preposisi. Sumber data dalam penelitian ini berupa karangan eksposisi siswa kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Objek penelitian ini adalah kesalahan ejaan dalam karangan eksposisi siswa kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini difokuskan kepada empat kesalahan ejaan, yaitu penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda titik, penggunaan tanda koma, dan penulisan preposisi. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka dan teknik simak catat. Analisis data yang digunakan adalah metode agih. Dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) kesalahan huruf kapital sebanyak 155 kesalahan dari 1708 huruf kapital atau 9,07%; (2) kesalahan tanda baca titik sebanyak 52 kesalahan dari 517 tanda baca titik atau 10,05%; (3) kesalahan tanda baca koma sebanyak 61 kesalahan dari 437 tanda baca koma atau 13,95%; (4) kesalahan preposisi sebanyak 57 kesalahan dari 214 preposisi atau 26,63%. Penelitian mengenai kesalahan ejaan dapat membantu dalam proses pembelajaran terutama pada materi menyunting karangan eksposisi sesuai dengan ejaan yang benar.
Kata kunci: kesalahan ejaan, karangan eksposisi, pembelajaran

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.