ASPEK PENDIDIKAN MORAL NOVEL 3 WALI 1 BIDADARI KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Salimah Salimah, Bagiya Bagiya

Abstract


dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel 3 Wali 1 Bidadari karya Taufiqur-rahman Al-Azizy, (2) mendeskripsikan aspek pendidikan moral yang terkandung dalam novel 3 Wali 1 Bidadari karya Taufiqurrahman Al-Azizy, dan (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran novel dengan materi aspek pendidikan moral dalam novel 3 Wali 1 Bidadari karya Taufiqurrahman Al-Azizy di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Artinya, penulis membahas dan mengkaji novel tidak menggunakan angka, tetapi menekankan pada deskripsi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel 3 Wali 1 Bidadari karya Taufiqurrahman Al-Azizy meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat, (2) aspek pendidikan moral novel 3 Wali 1 Bidadari karya Taufiqurrahman Al-Azizy mencakup tiga aspek yaitu: (a) aspek pendidikan moral yang berhubungan dengan diri sendiri, (b) aspek pendidikan moral yang berhubungan manusia dengan manusia, (c) aspek pendidikan moral yang berhubungan dengan Tuhannya, dan (3) skenario pembelajaran moral dalam novel 3 Wali 1 Bidadari di kelas XI SMA dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan penutup.
Kata Kunci: Aspek Pendidikan Moral, Novel 3 Wali 1 Bidadari, Skenario Pembelajaran di Kelas XI SMA

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.