UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Ratna Tri Hartani, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media gambar pada siswa kelas XA SMA Negeri 4 Purworejo, (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan media gambar, (3) peningkatan keterampilan siswa kelas XA SMA Negeri 4 Purworejo tahun ajaran 2013/2014 dalam menulis paragraf deskripsi dengan media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tenik tes berupa tes menulis paragraf deskripsi, sedangkan teknik nontes berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal.
Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media gambar yaitu siswa (a) diberi tugas untuk mengamati gambar, (b) menentukan tema dan judul yang sesuai dengan gambar, dan (c) siswa mengembangkan paragraf deskripsi dengan kosa kata dan ejaan yang tepat; (2) pembelajaran dengan media gambar mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian dengan lembar observasi menunjukkan bahwa perhatian dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada prasiklus dan siklus I cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi baik. Pada prasiklus perhatian siswa 43,75% dan keaktifan 37,50%. Selanjutnya, pada siklus I perhatian siswa meningkat menjadi 56,25% dan keaktifan 53,13%. Pada siklus, II perhatian meningkat lagi menjadi 68,75% dan keaktifan 59,38% (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XA SMA Negeri 4 Purworejo dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 65,63, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 77,97. Hasil prasiklus sampai siklus I mengalami peningkatan sebesar 12,34. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 86,41 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 8,44. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah 20,78. Dengan demikian, penggunaan media gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa XA SMA Negeri 4 Purworejo.
Kata Kunci: menulis paragraf deskripsi, media gambar

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.