ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA KUMPULAN CERPEN PUTIK-PUTIK BUNGA DI GUNUNG KARYA MAYON SOETRISNO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek sosial dalam kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno, hubungan antaraspek sosial kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung, dan pembelajaran kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno di kelas X SMA. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka. Hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) aspek-aspek sosial dalam kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno meliputi aspek: cinta kasih, ekonomi, moralitas, kekerabatan, dan pendidikan; (2) hubungan antaraspek kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung meliputi hubungan: aspek cinta kasih dengan aspek perekonomian, aspek cinta kasih dengan kekerabatan, aspek cinta kasih dengan aspek moral, aspek cinta kasih dengan aspek pendidikan, aspek perekonomian dengan aspek kekerabatan, aspek perekonomian dengan aspek moral, aspek perekonomian dengan aspek pendidikan, aspek kekerabatan dengan aspek moral, aspek kekerabatan dengan aspek pendidikan, dan aspek moral dengan aspek pendidikan; (3) skenario pembelajaran kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung di kelas X SMA mengguanakan metode pembelajaran jigsaw. Langkah-langkah pembelajaran Jigsaw adalah membagi siswa menjadi dua kelompok, yaitu tim asal dan tim ahli.
Kata kunci:analisis sosiologi sastra, cerpen Putik-putik Bunga di Gunung, skenario pembelajaran cerpen.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.