PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE TANDUR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode TANDUR dalam meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaslintang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaslintang tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data diketahui bahwa penerapan metode TANDUR dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase perhatian, gairah belajar, keaktifan, dan motivasi siswa dalam pembelajaran membaca puisi di setiap siklusnya. Keterampilan siswa dalam membaca puisi juga mengalami peningkatan dilihat dari hasil rata-rata kelas pada prasiklus 67,54, pada siklus I sebesar 72,5, dan pada siklus II sebesar 77,5. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 4,96 poin dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5 poin.
Kata kunci: Peningkatan, Membaca Puisi, Metode TANDUR
Kata kunci: Peningkatan, Membaca Puisi, Metode TANDUR
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.