PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK DRAMATISASI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN

Iis Wulandari, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca puisi menggunakan teknik dramatisasi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutowinangun, mendeskripsikan pengaruhnya terhadap sikap dan motivasi siswa dalam pembelajaran membaca puisi menggunakan teknik dramatisasi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutowinangun, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca puisi setelah memperoleh pembelajaran membaca puisi menggunakan teknik dramatisasi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutowinangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tindakan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik tes dan nontes. Teknik tes terdiri dari kemampuan siswa dalam membaca puisi dari tahap prasiklus sampai siklus II. Teknik nontes terdiri dari observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa; (1) pembelajaran membaca puisi menggunakan teknik dramatisasi diterapkan pada siklus I dan siklus II, dengan proses pembelajaran yang meliputi, (a) penyampaian teknik membaca puisi, (b) mendatangkan model untuk memberikan contoh pembacaan puisi, dan (c) siswa membacakan puisi; (2) proses pembelajaran tersebut terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran membaca puisi menggunakan teknik dramatisasi; (3) peningkatan motivasi belajar siswa membaca puisi diikuti dengan peningkatan keterampilan siswa membaca puisi. Hasil tes pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,4 (cukup). Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 69 (cukup baik). Selanjutnya, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,5 (baik). Hal ini menunjukkan peningkatan dari prasiklus ke siklus II sebesar 10,1 poin.
Kata kunci: kemampuan membaca puisi, teknik dramatisasi

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.