ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA BUKU TEKS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMK

Hikmahtul Ngulumiyah, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kesalahan berbahasa Indonesia yang terdapat pada buku teks Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP; kesalahan fonologis: lafal dan ejaan; kesalahan morfologis, khususnya peng-afiksan; kesalahan sintaksis: kesalahan preposisi, kesalahan konjungtor, kesalahan penggunaan kata, pemubaziran kata, dan kesalahan urutan kata baku; kesalahan kewacanaan: kohesi dan koherensi; dan skenario pembelajaran bahasa baku di SMK. Sumber data adalah buku teks Pendidikan Kewarganegaraan (BSE) Kelas VIII SMP Terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008 Edisi Keempat.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan teknik pustaka. Dalam analisis data, penulis menggunakan metode agih karena data pe-nelitian berupa buku teks pelajaran. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik formal dan teknik informal. Hasil dari penelitian ini adalah (1) adanya kesa-lahan fonologis, morfologis, sintaksis, dan wacana, (2) kesalahan fonologis: kesa-lahan lafal sebesar 18,2% dan kesalahan ejaan sebesar 62,8%, (3) kesalahan mor-fologis, khususnya pengafiksan sebesar 2,96%, (4) kesalahan sintaksis sebesar 14,8% meliputi: kesalahan penggunaan preposisi, konjungtor, unsur kalimat, dan pemubaziran kata, (5) kesalahan wacana: kohesi dan koherensi sebesar 2,1%, dan (6) penelitian analisis kesalahan berbahasa Indonesia dapat dijadikan sebagai ba-han pembelajaran di SMK agar siswa dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Kata kunci: Kesalahan Berbahasa Indonesia, Buku Teks Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan, dan Skenario Pembelajaran.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.