PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Wahyu Subodro, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen melalui metode Latihan Terbimbing pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (2) pengaruh metode Latihan Terbimbing terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (3) peningkatan prestasi siswa dalam menulis cerpen setelah penggunaan metode Latihan Terbimbing pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo. Setelah dilaksanakan penelitian dengan metode Latihan Terbimbing dalam pembelajaran menulis cerpen, dapat disimpulkan: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen terdiri dari tiga tahap yaitu tahap prasiklus, tahap siklus satu, dan tahap siklus dua. (2) pengaruh metode Latihan Terbimbing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis cerpen. Pada setiap siklusnya aspek perhatian, gairah belajar, keaktifan dan motifasi meningkat. Pada siklus I, siswa memperhatikan penjelasan penulis 16 siswa atau 62,5%, pada siklus II meningkat sebanyak 21 siswa atau 87,5%. Pada siklus I siswa yang bergairah mengikuti pembelajaran menulis cerpen sebanyak 18 siswa atau 75%, pada siklus II meningkat sebanyak 22 siswa atau 95,9%. Pada siklus I siswa yang aktif sebanyak 19 siswa atau 79,16%, pada siklus II meningkat menjadi 23 atau 95,9%. Pada siklus I siswa yang serius dan termotivasi sebanyak 15 atau 62,5%, pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa atau 98,8%. Terlihat dari hasil tes menulis cerpen siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II, (3) nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan setelah menggunakan metode Latihan Terbimbing pada kegiatan menulis cerpen, hal ini dapat dilihat dari tahap prasiklus mencapai 68,37 kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 73,75. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 78,45.
Kata kunci: keterampilan menulis cerpen, metode Latihan Terbimbing.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.