PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP N 33 Purworejo; (2) motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi setelah menggunakan teknik akrostik dan media gambar; (3) hasil peningkatan menulis puisi siswa setelah menggunakan teknik akrostik dan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMP N 33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik tes dan nontes. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif. Penulis menggunakan teknik penyajian data dengan teknik informal. Pada penelitian ini taraf keberhasilan siswa dalam menulis puisi minimal 75% dengan KKM 75. Pada hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa (1) secara proses adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran pada aspek orientasi keberhasilan, antisipasi kegagalan, inovasi, dan tanggung jawab, (2) peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai menulis puisi siswa pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa dalam menulis puisi 69,13, pada siklus I meningkat menjadi 73,69, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,44. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan teknik akrostik dan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: keterampilan menulis puisi, teknik akrostik, media gambarFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.