PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis puisi berdasarkan Pengalaman Pribadi, (2) pengaruh pengalaman pribadi terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo, (3) peningkatan kemampuan menulis puisi berdasarkan Pengalaman Pribadi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tesdan nontes. Teknik analisis dalam dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dalam hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo dilakukan dalam empat tahap, yaitu menulis pengalaman pribadi dengan tema yang sudah ditentukan oleh guru, mengidentifikasi poin-poin penting dalam tulisan pengalaman pribadi, mengubah poin-poin penting dalam pengalaman pribadi ke dalam bentuk kata yang sederhana dan menarik, menyusun puisi dengan kata-kata sederhana dan menarik yang sudah disiapkan; (2) pengaruh pengalaman pribadi terhadap aktivitas dan minat siswa dapat dikategorikan menjadi lebih baik. Kriteria ketuntasan minimal SMP Negeri 26 Purworejo 76. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dari hasil observasi yang mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru pada tahap prasiklus sebesar 37,93% siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,68%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,55%. Keaktifan siswa bertanya pada guru saat pembelajaran berlangsung pada tahap prasiklus sebesar 17,24%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 36,68%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 54,84%. Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas menulis puisi pada tahap prasiklus sebesar 41,38%, pada siklus I sebesar 56,68%, dan pada siklus II sebesar 87,1%; (3) peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pengalaman pribadi mengalami peningkatan yaitu, pada tahap prasiklus nilai rata-rata kelas sebesar 60,86.Tahap siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 72,70. Siklus II nilai rata-rata kelas kembali mengalami peningkatan menjadi 76,87. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa pengalaman pribadi menjadikan pembelajaran menulis puisi menjadi efektif.
Kata kunci: keterampilan menulis puisi, pengalaman pribadi, siswa SMP.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.