ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL PENGANTIN SURGA KARYA NIZAMI GANJAVI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
ABSTRAK:Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam novel Pengantin Surga karya Nizami Ganjavi dan scenario pembelajarannya di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Data yang digunakan berupa kutipan langsung dan tidak langsung. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu pencatat data, dan alat tulisnya. Analisis data dilakukan dengan metode analisisis. Penyajian hasil analisis digunakan metode informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) unsur instrinsik novel Pengantin Surga karya Nizami Ganjavi meliputi, tema: kisah cinta yang abadi hingga akhir menutup mata. Tokoh utama: Majnun/qays, Layla, dan Syed Omri, tokoh tambahan: ayah Layla, Ibu Majnun, Nawfal, Salim, Ibnu Salam. Alur: flashback. Latar tempat: Goa, Arab, Hutan, Istana, dan padang pasir. Latar waktu: pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari. Sudutpandang yang digunakanadalahsudutpandang persona pertama dan ketiga.(2) Aspek-aspek sosiologi sastra novel Pengantin Surga karya Nizami Ganjavi ada empat, yaitu (a) aspek cinta kasih meliputi: rasa cinta dan sayang yang ditujukan untuk keluarga, teman, orang lain, dan kekasih; (b) aspek kekerabatan meliputi: rasa saling membantu antara seorang teman dan saudara; (c) aspek ekonomi meliputi: kekayaan, harta, dan tahta; (e) aspek pendidikan meliputi: sekolah dan belajar untuk menuntut ilmu. (3) Hubunganantaraspeksosiologisastradalamnovel Pengantin Surga meliputi hubungan antar cinta kasih dengan pendidikan, cinta kasih dan kekerabatan. (4) skenario pembelajaran novel Pengantin Surga karya Nizami Ganjavi di SMA, dengan langkah-langkah: (a) menyampaikan indikator; (b) guru memberikan persepsi; (c) menyajikan informasi kepada siswa; (d) memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya; (e) menciptakan masyarakat belajar, seperti kegiatan kelompok, berdiskusi, Tanyajawab, dan sebagainya; (g) guru dan siswa melakukan refleksi; (h) melakukan penilaian secara objektif.
Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Pengantin Surga, Skenario Pembelajaran
Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Pengantin Surga, Skenario Pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.