PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA NARASI SUGESTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
ABSTRAK:penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling, (2) pengaruh sikap dan minat belajar siswa, dan (3) peningkatan keterampilan menulis wacana narasi sugestif siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat untuk mengumpulkan data, yaitu soal tes, lembar observasi, wawancara, dokumentasi, lembar kuesioner dan catatan lapangan. Teknik analisis data digunakan teknik kualitatif dan kuantitaif. Penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Selanjutnya, pengujian keabsahan data penelitian digunakan teknik triangulasi.Minat dan sikap belajar siswa terhadap pembelajaran menulis narasi sugestif dalam bentuk cerpen dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Paired Story Telling menjadi lebih baik.Keterampilan menulis wacana narasi sugestif siswa pada tahap prasiklus diperoleh rata-rata 65,77 (cukup). Setelah dilaksanakan penelitian tindakan pada siklus I, siklus II, dan siklus III dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Paired Story Telling nilai rata-ratayang diperoleh peserta didik mengalami peningkatan mencapai 77,35(baik) pada siklus I, 80,39 (baik)pada siklus II, dan pada siklus III nilai rata-rata yang dicapai 85,81 (sangat baik).
Kata kunci: menulis, wacana narasi sugestif, paired story telling
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.