PENGARUH PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KLIRONG

Nurul Fauziah, Khabib Sholeh, Joko Purwanto

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) pengaruh penerapan media film pendek terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong; (2) pengaruh penerapan media film pendek terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong; (3) perbandingan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong yang diajar dengan media film pendek dan yang diajar dengan media berbasis cetakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat setelah mendapat perlakuan dengan media film pendek. Siswa lebih aktif dalam belajar yang ditunjukkan dengan aktivitas memperhatikan pembelajaran meningkat sebesar 16,37%, bertanya dan menanggapi meningkat sebesar 11,96%, mengerjakan tugas meningkat sebesar 17,56%, dan sikap dalam pembelajaran meningkat sebesar 1,34%. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak pada signifikansi a = 0,05 diperoleh nilai thitung = -9,461, nilai ttabel = 1,70 dan Sig. (0,000) < a (0,05). Dengan demikian, pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh penerapan media film pendek terhadap kemampuan siswa dalam menulis naskah drama. Kemudian, perhitungan uji statistik menggunakan Independet Samples Test diperoleh thitung = -3,154 dan ttabel =  1,70. Nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel yakni thitung (3,154) > ttabel (1,70) atau thitung (-3,154) < -ttabel (-1,70) sehingga thitung berada pada daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perbandingan kemampuan menulis naskah drama siswa yang diajar dengan media film pendek lebih baik daripada kemampuan menulis siswa yang diajar dengan media berbasis cetakan.

Kata Kunci: media film pendek, aktivitas belajar siswa, kemampuan menulis   drama


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.