ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL RASUK KARYA RISA SARASWATI DAN RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur intrinsik unsur-unsur intrinsik dalam novel Rasuk karya Risa Saraswati, (2) aspek-aspek sosiologi dalam novel Rasuk karya Risa Saraswati, (3) hubungan antaraspek sosial dalam novel Rasuk karya Risa Saraswati, (4) rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode analisis isi dan penyajian informal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) unsur-unsur intrinsikmeliputi: penokohan watak tokoh-tokoh dalam cerita dominan baik dan saling peduli. Latar tempat: di kamar, pegunungan di Jawa Tengah, sanggar tari, rumah Lintang Kasih, jalan Laras Pelog nomor 10, Karma Ranjani, villa Rosala, rumah Fransisca Inggrid, dan ruang ICU; latar waktu: siang hari, sore hari, pagi hari, dan malam hari; latar suasana: suasana sedih, suasana tegang, suasana cemas, dan suasana terharu. alur: alur campuran; sudut pandang: orang ketiga serba tahu “Dia-an”; tema dibagi atas tema mayor, yaitu: kesadaran dan penyesalan seorang anak atas rasa irinya, dan tema minor, yaitu: masalah cinta kasih, masalah kehidupan, masalah moral, dan masalah ekonomi. Amanat: rasa iri yang tertanam pada diri manusia hanya akan menimbulkan keburukan pada diri sendiri. (2) aspek sosial meliputi: aspek cinta kasih, aspek kekerabatan, aspek pendidikan, aspek moral, aspek ekonomi. (3) hubungan antaraspek meliputi: aspek pendidikan dengan aspek moral, aspek cinta kasih dengan aspek ekonomi, aspek moral dengan aspek kekerabatan, aspek kekerabatan dengan aspek cinta kasih, dan aspek pendidikan dengan aspek kekerabatan. (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Rasuk karya Risa Saraswati di SMA, menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division) dengan langkah-langkah: guru menerangkan materi tentang unsur intrinsik, aspek sosial novel, dan pembelajaran menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division), guru membagi 4-5 siswa menjadi beberapa kelompok heterogen, guru memberikan kuis atau tes untuk masing-masing siswa, guru memberikan penskoran dan memberikan penghargaan.
Kata kunci: analisis sosiologi sastra, novel Rasuk karya Risa Saraswati, rpp
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.