PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sumiati Sumiati, Khabib Sholeh, Suci Rizqiana

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran meulis teks eksplanasi kompleks menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI  SMK Negeri Nusawungu; (2) perubahan minat siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI SMK Negeri Nusawungu; (3) peningkatan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMK Negeri Nusawungu setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode mind mapping. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan melalui dua siklus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks dari prasiklus dengan rata-rata nilai 65,79 menjadi 74 pada siklus I dan siklus II rata-rata nilainya adalah 79,79. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengunakan metode mind mapping dapat meningkatakan keterampilan menulis teks eksplanasi kopleks pada siswa kelas XI TITL II tahun pelajaran 20162017.

 

Kata kunci: keterampilan menulis, teks eksplanasi kompleks, dan metode mind mapping


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.