PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS XMADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH PETANAHAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Khanifah Khanifah, Bagiya Bagiya, Kadaryati Kadaryati

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis cerpen menggunakan model quantum teaching pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Petanahan; (2) pengaruh pembelajaran menulis cerpen menggunakan model quantum teaching terhadap motivasi belajar siswa pada siswa X Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Petanahan; (3) peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan model quantum teachingpada siswa kelas X Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Petanahan.Pengumpulan datadilakukandenganteknik tes dan nontes. Dalam teknik analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penyajian data hasil penelitian digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis cerpen menggunakan model quantum teaching terdiridaritigatahapyaituprasiklus, siklus I, dansiklus II. Pembelajaranpadatahapprasiklus, siklus I, dansiklus II terdiridariperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi; (2) pengaruh positif pembelajaran menulis cerpen menggunakan model quantum teaching terhadap motivasi belajar siswa pada setiapsiklusmengalamipeningkatan yaitu prasiklusmencapai 20% (kategorirendah), siklus I mencapai30% (kategori cukup),dan siklus II 50% (kategoribaik);(3) Peningkatan keterampilanmenuliscerpendapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada prasiklus dengan rerata tes 64. Pada siklus I meningkat menjadi 71, dan pada siklus II meningkat menjadi 77. Indikatorkeberhasilandalampenelitianinidikatakantercapaiolehsiswajikasiswatelahmencapai KKM 75.Siswa yang nilainya telah mecapai KKM dari jumlah 25 siswa pada prasiklus, yaitu 2 siswa, pada siklus I 6 siswa dan siklus II 22 siswa.Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan model quantum teaching terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen.

 

Kata kunci :Menulis Cerpen, Model Pembelajaran QuantumTeaching

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.