ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL KARENA AKU TAK BUTA KARYA REDY KUSWANTO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel (2) aspek-aspek sosiologi sastra dan hubungan antaraspek sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XII SMA.Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer: novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, dan sumber data sekunder: buku-buku sebagai acuan penelitian dan internet. Objek penelitian ini yaitu aspek sosiologi sastra dan hubungan antaraspek sosiologi sastra. Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik, aspek sosiologi sastra, hubungan antaraspek sosiologi sastra, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat.Instrumen penelitian ini yaitu peneliti dengan dibantu kartu pencatat data dan alat tulisnya.Teknik analisis data digunakan content analysis (analisis isi). Analisis data disajikan dengan teknik informal.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, meliputi (a) tema: tumbuh kembangnya seseorang dalam budaya Indonesia; (b) tokoh dan penokohan, meliputi tokoh utama: Zad dan Gendis; tokoh tambahan: Fya, Yod, Rhean, Pak Pram, Pak Margono, Bu Tursih, Atma, Mas Gendro, dan Pak Gio; (c) latar: waktu, tempat, suasana; (d) alur: alur campuran, meliputi: alur mundur (flashback) dan alur maju; (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (f) amanat: belajarlah untuk mencintai, menghargai, dan mengeksistensikan kebudayaan yang ada di Indonesia; (2) aspek sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, meliputi: aspek kekerabatan, aspek cinta kasih, aspek ekonomi, dan aspek pendidikan; (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto meliputi hubungan aspek ekonomi dengan cinta kasih, kekerabatan dengan cinta kasih, kekerabatan dengan ekonomi, kekerabatan dengan pendidikan, pendidikan dengan cinta kasih, dan hubungan aspek ekonomi dengan pendidikan; dan (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto di kelas XII SMA. Metode pembelajaran yang digunakan: metode Numbered-Head Together (NHT). Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu dengan menggunakan tes esai dan lisan.
Kata kunci: unsur intrinsik, sosiologi sastra, novel karena aku tak buta
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.