PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE KUANTUM PADA SISWA KELAS XI SMK WIDYA KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo; (2) pengaruh metode kuantum terhadap minat belajar siswa dalam menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo; (3) peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada kelas XI SMK Widya Kutoarjo dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Langkah pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran menggunakan metode kuantum adalah ‘tandur’, yaitu tumbuhkan, alami, namai, demontrasikan, ulangi, dan rayakan; (2)Pengaruh metode kuantum terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo mengalami perubahan yang lebih baik pada tiap siklus. Hal ini terbukti dari jumlah persentase minat siswa yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 29,08%. Setelah diterapakan metode kuantum, minat siswa meningkat menjadi 47,26% dan meningkat lagi menjadi 77,26% pada siklus II; (3) Peningkatan kemampuan siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo dalam menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa pada setiap tindakannya. Pada prasiklus kemampuan siswa mencapai nilai rata-rata 63,45 atau masih dalam kategori kurang. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 72,89 atau dalam kategori cukup dan pada siklus II sebesar 79,72 atau dalam kategori baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode kuantum dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor dari prasiklus sampai dengan siklus II mencapai 16,27.
Kata kunci: kemampuan menulis paragraf deskripsi,metode kuantum, siswa SMK
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.