ANALISIS TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DAN DIREKTIF PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA RADIO FORTUNA FM KUTOARJO PERIODE TAHUN 2012-2016 DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Yuli Nirwanti, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tindak tutur representatif pada iklan layanan masyarakat pada radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2016; (2) tindak tutur direktif pada iklan layanan masyarakat pada radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2016; (3) skenario pembelajaran iklan layanan masyarakat pada radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2016 di kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini tindak tutur representatif dan tindak tutur direktif pada iklan layanan masyarakat pada radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2016. Sumber data penelitian ini iklan layanan masyarakat pada radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2016. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti yang dibantu dengan alat pencatat data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) tindak tutur representatif dalam iklan layanan masyarakat pada radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2106; (2) tindak tutur direktif dalam iklan layanan masyarakat pada radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2016; dan (3) skenario pembelajaran iklan layanan masyarakat pada radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2016 di kelas XII SMA berdasarkan kurikulum 2013 dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Skenario pembelajaran tersebut meliputi: (1) menyampaikan materi struktur dan kaidah teks iklan; (2) menyediakan naskah iklan layanan masyarakat dari radio Fortuna FM Kutoarjo periode tahun 2012-2016 untuk dicermati peserta didik; (3) peserta didik mendiskusikan iklan layanan masyarakat tersebut berdasarkan struktur dan kaidah teks iklan; (4) peserta didik menginterpretasi iklan layanan masyarakat tersebut bersama dengan kelompok  masing-masing; (5) peserta didik membacakan hasil diskusi di depan kelas.

 

Kata kunci: tindak tutur representatif, direktif, iklan layanan masyarakat


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.