ANALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL INSYA ALLAH AKU BISA SEKOLAH KARYA DUL ABDUL RAHMAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN POLA GILIR BERKOMUNIKASI SISWA SMK KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Yeni Charnia, Khabib Sholeh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah Karya Dul Abdul Rahman, (2) nilai-nilai pendidikan dalam novel, dan (3) implementasi unsur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan dalam novel pada pembelajaran pola gilir berkomunikasi pada siswa SMK kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, (1) unsur intrinsik novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman, yaitu (a) tema dalam novel ini adalah masalah masyarakat yang tidak mengutamakan pendidikan karena kondisi ekonomi para nelayan tidak mencukupi untuk membiayai sekolah anak-anaknya, (b) tokoh utama dalam novel ini adalah Samadin, (c) alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju, (d) latar sosial dalam novel ini melukiskan kehidupan nelayan yang bertempat tinggal di tepi pantai Barombong dan keadaan pendidikan anak-anak nelayan, (e) sudut pandang yang digunakan, yaitu sudut pandang orang pertama (aku), (f) amanat yang disampaikan dalam novel ini merupakan semangat seorang anak nelayan yang ingin bersekolah setinggi-tingginya. (2) Nilai pendidikan dalam novel ini, terdiri dari: (a) nilai agama yang meliputi beribadah, bersyukur, dan berdoa, (b) nilai moral dalam novel ini adalah belajar bersama, patuh, kerja keras, bersungguh-sungguh, pantang menyerah, bertanggung jawab, mandiri, dan kreatif, (c) nilai sosial dalam novel ini, yaitu peduli, persaudaraan, saling membantu, persahabatan, memberi semangat, musyawarah, dan dermawan, (d) nilai budaya yang meliputi kepercayaan masyarakat dengan cerita-cerita leluhur mereka. (3) Implementasi pembelajaran pola gilir dalam berkomunikasi melalui novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman di SMK tahapan-tahapan penerapannya meliputi: (a) guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, (b) guru memberikan lembar kerja siswa, (c) siswa bersama kelompoknya berdiskusi tentang unsur intrinsik dan nilai pendidikan novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman, (d) setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dengan menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi, (e) kelompok lain memberikan tanggapan kepada kelompok yang sedang presentasi.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai pendidikan, dan penerapan pola gilir dalam berkomunikasi.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.