PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA BERITA PADA KELAS VIII SMP N 1 KUWARASAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model Cooperative Learning Think-Pair-Share terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP N 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017, (2) pengaruh model Cooperative Learning Think-Pair-Share terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP N 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017, (3) menilai perbandingan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP N 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017 yang diajar dengan model Cooperative Learning Think-Pair-Share dengan peserta didik yang diajar dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penyajian data menggunakan teknik informal. Pengumpulan data didapat dari tes (tes awal dan tes akhir) dan nontes (kuesioner dan wawancara). Dari hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan motivasi dari segi orientasi keberhasilan, antisipasi kegagalan, inovasi, dan tanggung jawab yaitu masing-masing meningkat sebesar 11,42%, 10,19%, 11,83%, dan 10,65%, (2) hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak menunjukkan nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel yakni thitung (16.207)> ttabel (1,695) atau thitung (-16,207) < ttabel (-1,695) sehingga berada pada daerah penolakan Ho, (3) hasil uji hipotesis 3 menggunakan uji t pihak kanan menunjukkan nilai thitung (15,664)> ttabel atau thitung (-15,664) > ttabel (1,695) sehingga thitung berada pada daerah penolakan Ho, maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci : think-pair-share, motivasi siswa, membaca berita
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.