ANALISIS NILAI RELIGIUS NOVEL BAIT-BAIT MULTAZAM KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Eka Fatmawati, Sukirno Sukirno, Bagiya Bagiya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik berupa tema dan fakta cerita, (2) nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy di kelas XII SMA. Sumber data penelitian: novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy. Objek penelitian: nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy. Fokus penelitian: unsur intrinsik tema dan fakta cerita, dan nilai religius. Teknik pengumpulan data: teknik pustaka. Instrumen penelitian: kartu nota pencatat data. Teknik analisis data: teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisismenggunakan metode informal.Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang berupa tema dan fakta ceritanovel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy meliputi: (a) tema, yakni tema mayor dan tema minor. Tema mayor: perjalanan menemukan Islam sebagai jalan hidup. Tema minor: mencari tahu misteri kehidupan seorang mualaf, kematian, kehilangan kasih sayang dan perhatian, kegelisahan tentang keyakinan beragama, mimpi aneh, dan keputusan untuk menganut agama Islam, (b) tokoh, meliputi tokoh utama: Hilya, dan tokoh tambahan: Henry, teman Hilya (Nina, Nita, Alien, Lina), Ibu Henry, Martha, Edward, Jonathan, Bang Muhsin, Bang Iqbal, Pak Agam, Haji Rambe, Ibu Rosna, dan Yusuf Bulutlu, (c) latar, meliputi latar tempat: Arab Saudi, Kedai Albaik, pinggiran pertokoan, Masjid, Tanah Haram, Sekretariat Mall di Sareq Sittin, hotel, lobi, Toko Baba Hamed, tepian laut merah, apotek, gereja, rumah, Masjid Baiturahim, seberang jalan, rumah dokter, Kedai Bang Muhsin, Ma’had Abu Ubaidah, bandara Suriah, kantin, terminal penerbangan domestik, Masjid Nabawi, latar waktu: malam hari, pagi hari, siang hari, sore hari, setelah satu jam, beberapa menit kemudian, beberapa saat kemudian, pagi setengah siang, dua puluh delapan tahun silam, dan latar sosial-budaya: adat pernikahan masyarakat Batak, adat Batak kristiani, hukum keselamatan bagi perempuan di Saudi, (d) alur: alur campuran; (2) nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy digolongkan menjadi tiga, yakni akidah, akhlak, syariat.; (3) Rencana pembelajaran novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy di kelas XII SMA dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divions).Langkah-langkah pembelajaran: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, guru melakukan presentasi, pembagian kelompok, siswa melakukan kegiatan belajar secara kelompok, kuis (evaluasi), penghargaan prestasi kelompok.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.