PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan media audio visual pada siswa kelas X TN 2 SMK Negeri 1 Kebumen; (2) pengaruh media audio visual terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan media audio visual pada siswa kelas X TN 2 SMK Negeri 1 Kebumen; dan (3) peningkatan kemampuan menulis teks prosedur kompleks dengan media audio visual pada siswa kelas X TN 2 SMK Negeri 1 Kebumen. Pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitaif. Pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan media audio visual meliputi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa, guru menayangkan video, siswa mencatat poin-poin penting (cara kerja/prosedur) pada video tersebut, siswa mengembangkan poin-poin (cara kerja/prosedur) tersebut menjadi teks prosedur kompleks, dan guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pengaruh media audio visual terhadap minat siswa sangat baik dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Hal ini terbukti dari rata-rata persentase minat siswa yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 54,87%. Setelah diterapkannya media audio visual, minat siswa meningkat menjadi 63,87% dan meningkat lagi menjadi 76,5% pada siklus II. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Pada tahap prasiklus nilai diperoleh siswa sebesar 66,54, pada siklus I meningkat menjadi 69,97 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85,1. Dengan demikian, media audio visual dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks prosdesur kompleks.
Kata kunci: kemampuan menulis, teks prosedur kompleks, media audio visual
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.