ANALISIS UNSUR INTRINSIK FILM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WICJK KARYA HAMKA DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PREMBUN TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) unsur intrinsik pada film Tenggelemanya Kapal Van Der Wicjk karya Hamka, (b) rencana pelaksanaan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik pada film Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk karya Hamka di kelas XI SMA Negeri 1 Prembun, dan (c) pelaksanaan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik pada film Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk karya Hamka di kelas XI SMA Negeri 1 Prembun. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (a) unsur intrinsik film Tengggelamnya Kapal Van Der Wicjk terdiri dari tokoh dan penokohan, alur, dialog, latar, tema, bahasa, amanat, dan petunjuk teknis. Tokoh film tersebut, yaitu Zainudin bersifat sabar, Muluk bersifat setia kawan, Aziz bersifat sombong, dan Hayati bersifat lembut dan sopan. Alur film ini adalah alur campuran. Dialognya berfungsi menampakkan karakter, menciptakan konflik, menghubungkan fakta-fakta, menyamarkan kejadian-kejadian yang akan datang, dan menghubungkan fakta-fakta. Latarnya dibagi tiga, yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar budaya. Latar tempat: di rumah Zainudin, di rumah Datuk Labay, di kantor Zainudin, ditampilkan dengan segala perabotnya. Latar waktu terjadi pada pagi, siang, dan malam. Setelah itu, latar budaya masyarakat Minangkabau masih memegang teguh adat istiadat. Tema film ini, yaitu kisah cinta tidak sampai. Bahasanya berfungsi untuk mempengaruhi, membujuk, memuji, dan mengucapkan terima kasih. Amanat yang dapat diambil adalah nasihat agar tidak menjadikan cinta sebagai pelemah hati serta menghormati perbedaan suku dan budaya. Petunjuk teknis dibuat dan diberikan untuk para aktor atau aktris memainkan aktingnya sehingga memberikan kedalaman watak yang diperankan. (b) Rencana pelaksanaan pembelajaran sastra di kelas XI SMA Negeri 1 Prembun terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dibuat berdasarkan KI dan KD 3.5 Mengevaluasi teks film/drama berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan. (c) Pelaksanaan Pembelajarannya disusun sebagai berikut: peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik tentang unsur intrinsik film kemudian mereka mengamati film Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk karya Hamka. Setelah itu, mereka bertanya jawab tentang materi unsur intrinsik film. Selanjutnya, mereka mengerjakan tugas, dan aktif berdiskusi. Kemudian mengomunikasikan hasil analisis. Mereka mengikuti pembelajaran dengan baik dan sopan. Hasil penilaiannya nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah 45.
Kata kunci: film, unsur intrinsik, pembelajaran sastra
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.